5 Masa Kelam Dalam Sejarah Manusia

Manusia memang selalu membuat ulah yang dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Namun, Tahukah sobat jika dalam sejarah manusia pernah melakukan hal yang sangat sangat parah seperti perang, pembunuhan,  wabah penyakit, kelaparan, genosida, perbudakan dan perlakuan tidak manusiawi lainnya.

Dari sekian banyaknya kekejaman manusia diantaranya ada yang paling parah, berikut saya rangkum dalam 5 masa kelam dalam sejarah

1. Holodomor
Holodomor
Holodomor merupakan pembunuhan secara sengaja dengan cara membunuh secara kelaparan. Pembunuhan jenis genosida ini terjadi di Ukraina sekitar tahun 1920 an. Josef Stalin lah dalang dari semua ini. Alasan Stanlin melakukan ini karena Ukraina ingin menjadi negara merdeka yang dahulu Ukraina adalah bagian dari Rusia.

2. The Black Death
The Black Death
Kembali pada abad ke-13 dimana saat itu di Eropa masih percaya akan kekuatan sihir. Saat itu, mereka yang dianggap sebagai penyihir langsung dibunuh, bahkan hewan peliharaan seperti kucing pun ikut dibunuh.

Akibat pembunuhan itu, tidak ada satupun kucing di Eropa yang mengakibatkan banyak tikus merajalela sehingga membuat munculnya wabah penyakit yang berasal dari kutu tikus atau sering disebut pes.

Hal ini membuat warga Eropa banyak yang tekena wabah itu karena dapat menular dengan cepat dan  dimana saat itu belum ada antibiotik pencegah wabah. Dalam kurun waktu 4 tahun wabah tersebut sudah memakan korban sekitar 100-200 jiwa atau 60% penduduk Eropa saat itu.

3. Perang Salib
Perang Salib
Perang terlama yang terjadi dalam sejarah manusia yang berlangsung dari abad ke-10 hingga abad ke-14. Perang ini awalnya terjadi pada tahun 1095 yang disebabkan oleh perebutan kota Yerusallem antara umat kristiani dengan kesultanan Turki. Tak diketahui jelas berapa korban dalam perang ini namun bisa diperkiraan ratusan juta jiwa manusia melayang.

4. Perang Dunia I
Perang Dunia I
Perang yang terjadi pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 18 November 1918. Perang ini melibatkan seluruh kekuatan besar di Dunia yang terbagi dalam dua aliansi yaitu Sekutu dan Blok Sentral. Sulit mencari pihak yang disalahkan dalam perang ini.  Akhirnya diputuskan, kemanusiaan pada umumnya yang pantas disalahkan.

Lebih dari 70 juta militer yang ikut dalam perang ini dan mengakibatkan banyak kerusakan di Dunia serta banyak nyawa korban tak berdosa melayang.

5. Perang Dunia II
Perang Dunia II
21 tahun berselang perang Dunia terjadi lagi tepatnya pada tahun 1939 sampai 1945. Perang ini merupakan perang terluas yang pernah terjadi dalam sejarah manusia karena melibatkan seluruh kekuatan besar di Dunia yang membentuk dua aliansi yaitu sekutu dan poros. Dalam perang ini kesalahan sepenuhnya ditujukan pada satu orang yaitu Adolf Hitler, sang penguasa Jerman sekaligus pemimpin pasukan Nazi.

Baik Josef Stalin dan Adolf Hitler, mereka berdua adalah sosok pemimpin sadis di dunia. Stalin melakukan kesadisannya dikarenakan dia tidak mau kehilangan kekuatannya. Di sisi lain, Hitler tidak merasa takut sedikitpun. Hitler membawa amarah yang ia pendam sejak kecil dan mengarahkan pada mereka yang tidak tahu apa-apa. Apalagi pada orang Yahudi yang sangat dibenci Hitler, Hitler menghabisi semua orang Yahudi yang ia benci.



EmoticonEmoticon