Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli


Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli


1. Sadono Sukirno
Pengertian Pembangunan Ekonomi menurut Sadono Sukirno adalah upaya meningkatkan pendapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi real dengan melakukan penanaman modal, penggunaan teknologi, penambahan pengetahuan, peningkatan ketrampilan, penambahan kemampuan berorganisasi, dan manajemen.


2. Adam Smith
Pengertian Pembangunan Ekonomi menurut Adam Smith adalah proses perpaduan atau kombinasi antara pertumbuhan penduduk (pendapatan perkapita) dan kemajuan teknologi.


3. Prof. Meier
Pertumbuhan ekonomi menurut Prof. Meier adalah proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam jangka waktu yang panjang.


4. Schumpeter (Suryana, 2000:5)
Pembangunan ekonomi adalah perubahan dalam lapangan industri dan perdagangan yang berkaitan dengan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional dimana proses tersebut terjadi secara spontan dan tidak terputus-putus.

5. Irawan (2002:5)
Pembangunan ekonomi menurut Irawan adalah berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup suatu negara yang diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil perkapita.


EmoticonEmoticon