Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli Lengkap


10 Pengertian penyimpangan sosial menurut para ahli Lengkap - Tak kita sadari dan rasakan kita pasti pernah mengalami perilaku penyimpangan sosial baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Mungkin masih banyak diantara masyarakat atau kita sendiri yang belum mengerti tentang pengertian penyimpangan sosial. oleh karena itu, kita akan belajar dari para ahli nya apa itu penyimpangan sosial.

James W. Van Der Zanden
Penyimpangan sosial menurut James W. Van Der Zanden adalah perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi.

Bruce J. Cohen
Penyimpangan sosial menurut Bruce J. Cohen adalah setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

Lewis Coser
Penyimpangan sosial menurut Lewis Coser adalah salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial.

Paul B. Horton
Penyimpangan sosial menurut Paul B. Horton adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.

Robert Z. Lawang
Penyimpangan sosial menurut Robert Z. Lawang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku dalam sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang itu.

Gillin
Penyimpang sosial menurut Gillin adalah perilaku yang yang menyimpang dari norma dan nilai sosial keluarga dan masyarakat yang menjadi penyebab memudarnya ikatan atau solidaritas kelompok.

Becker
Penyimpangan sosial menurut Becker bukanlah kualitas yang dilakukan orang, melainkan konsekuensi dari adanya suatu peraturan dan penerapan sanksi yang dilakukan oleh orang lain terhadap pelaku tindakan tersebut.

Robert K. Merton
Penyimpangan sosial menurut Robert K. Merton bersumber dari adanya ketegangan (strain) antara tujuan budaya dan sarana untuk mencapainya. Masyarakat menginginkan setiap orang berhasil (mis. dlm hal kekayaan) tetapi tdk semua orang dapat mencapainya melalui sarana yg sah (seperti mjd pengusaha). Orang-orang ini kemudian mengambil jalur yg menyimpang.

Edwin M. Lemert
Penyimpangan sosial menurut Edwin M. Lemert bersumber dari adanya proses labelling (pemberian julukan, cap, etiket, atau merek) yang negatif (menyimpang) yang diberikan masyarakat kepadanya.

Edward H. Sutherland
Penyimpangan sosial menurut Edward H. Sutherland bersumber pada pergaulan yang berbeda sebab seseorang belajar untuk menyimpang dari norma masyarakat melalui kelompok-kelompok berbeda di mana dia bergaul.


EmoticonEmoticon