Pakta Pertahanan/ Organisasi Militer Pada Masa Perang Dingin


Pakta Pertahanan/ Organisasi Militer Pada Masa Perang Dingin - Seusai perang dunia II berakhir, masyarakat dunia menjadi cukup lega dan merasa aman. Namun, hal tersebut hanya berlangsung sementara karena beberapa tahun setelah perang dunia II berakhir muncul perang dingin.

Perang dingin adalah perang dalam bentuk ketegangan sebagai perwujudan dari konflik konflik kepentingan, supremasi, perbedaan ideology dan lain lain. Perang dingin mengakibatkan ketegangan masyarakat dunia karena takut akan munculnya konflik yang dapat mengakibatkan perang dunia III.

Negara Negara yang terlibat dalam perang dingin bekerja sama untuk membentuk aliansi pertahanan. Adapun beberapa aliansi pertahanan yang dibentuk semasa perang dingin sebagai berikut:

NATO

Pakta pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization) atau NATO adalah oraganisasi keamanan yang dibentuk oleh Negara Negara yang terletak di wilayah Eropa bagian utara samudra atlantik dengan sekutunya amerika serikat.
NATO dibentuk pada tanggal 4 april 1949 di Washington DC oleh Negara Inggris, Perancis, Belanda, Belgia, Luxemburg, Kanada, Italia, Portugal, Islandia, Denmark, dan Norwegia bersama sekutu Amerika serikat.

Pakta Warsawa

Pakta Warsawa adalah aliansi militer Negara Negara blok timur di eropa timur yang bertujuan mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO yang telah dibentuk terlebih dahulu pada tahun 1949.
Pakta warsawa dibentuk pada tanggal 14 Mei 1955 degan penandatanganan sebuah piagam perjanjian di warsawa, polandia oleh Negara anggota yaitu uni soviet, Bulgaria, Rumania, Jerman timur, Hungaria, Polandia dan cekoslowakia.

CENTO

Cento yang merupakan akronim dari central treaty organization atau organisasi pakta sentral yang dibentuk dalam suasana perang dingin pada tahun 1955.
Tujuan Cento adalah mencegah serangan komunis dan mendorong perdamaian di timur tengah.
ANZUS
Anzus merupakan singkatan dari ausralia-new zeland-united states. Pada bulan februari 1951 di Canberra, Australia melakukan diskusi awal dengan amerika serikat tentang konsep anzus yang akhirnya tercapai dengan ditandatanganinyapakta anzus pada tanggal 1 september 1951 di san Francisco.

SEATO

South east asia treaty organization (SEATO) adalah sebuah kerja sama pertahanan kolektif yang berada di kawasan asia tenggara. Ketika perang dingin memuncak, Amerika serikat mendesak untuk membentuk prakara pertahanan bersama asia tenggara karena perluasan paham komunis di asia tenggara mengkhawatirkan amerika serikat.
Pada tanggal 8 september 1954 di manila seato berhasil didirikan untuk membendung perluasan paham komunis tetapi baru disahkan pada tahun 1955 di Bangkok, Thailand yang beranggotakan Bangladesh, Australia, Prancis, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Thailand.


EmoticonEmoticon