4 Ciri-ciri Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan


Banyak yang beranggapan kalau sosiologi hanyalah sebuah mata pelajaran hafalan yang bisa dirasa-rasa dan tidak merupakan sebuah Ilmu Pengetahuan. Padahal, Sosiogi merupakan Ilmu Pengetahuan yang telah memenuhi segenap unsur unsur sebagai Ilmu Pengetahuan.

Sosiologi sebagai Ilmu Pengetahuan memiliki ciri tersendiri yaitu sebagai berikut:

Sosiologi Bersifat Empiris
Artinya Sosiologi merupakan ilmu yang didasarkan pada observasi (pengamatan) dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulasi atau menduga-duga suatu fakta atau suatu kejadian.

Sosiologi Bersifat Teoritis
Artinya Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan selalu berusaha menyusun abstraki dari hasil-hasil observasi. Abstraki tersebut merupakan penarikan kesimpulan dari unsur unsur yang tersusun secara logis serta bertujuan untuk menjelaskab hubungan sebab akibat sehingga menjadi sebuah teori.

Sosiologi Bersifat Kumulatif
Artinya bahwa Sosiologi dibentuk atas dasar teori yang sudah ada, kemudian diperbaiki dan diperluas sesuai kondisi atau fakta terbaru sehingga memperkuat teori yang lama.

Sosiologi bersifat  Non-Etis
Artinya Sosiologi tidak mempermasalahkan baik dan buruknya suatu fakta atau suatu persoalan. Akan tetapi, Sosiologi bertujuan untuk menjelaskan suatu fakta atau suatu kejadian secara analitis.


EmoticonEmoticon