Alasan Amerika Serikat disebut Negara Paman Sam

Sebutan Negara Paman Sam untuk Amerika Serikat memang sudah tidak asing lagi ditelinga. Namun, Tahukah kalian asal usul dan alasan mengapa Amerika Serikat dijuluki Negeri Paman Sam?.

Nama Paman Sam atau Uncle Sam diambil dari nama seseorang yaitu Samuel Wilson. Dia lahir pada tanggal 13 september 1766 di New York, Amerika Serikat.

Cerita bermula ketika Samuel Wilson yang awalnya seorang prajurit sukarelawan Amerika Serikat berhenti menjadai tentara dan memutuskan untuk membuka usaha daging kemasan. Samuel terkenal sebagai penyuplai daging untuk terntara Amerika Serikat.

Untuk menyuplai daging, Samuel mengemasnya dalam tong-tong kayu dan selalu diberi cap bertulisakan “U.S” yang artinya tentu saja adalah United States (Amerika Serikat).

Namun rupanya di lingkungan tentara, orang-orang lantas suka bercanda bahwa arti dari inisial U.S adalah Uncle Sam, yang berarti Paman Sam (diambil dari nama Samuel), sang penyuplai daging.

Julukan Uncle Sam ini menjadi populer dengan cepat di kalangan tentara dan pejuang, hingga menarik perhatian para jurnalis yang kemudian menuliskannya di koran-koran Amerika.

Demikianlah, hingga saat ini Amerika Serikat pun dikenal pula dengan sebutan negara Paman Sam, berkat Samuel Wilson si penyuplai daging kemasan.

Samuel sendiri meninggal dunia pada tahun 1854 pada usia 88 tahun dan dimakamkan di New York, sehingga kota tersebut dikenal dengan sebutan “Rumah Paman Sam”.


EmoticonEmoticon