7 Struktur Geografi Beserta Penjelasannya


Ilmu geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang alam, manusia serta beberapa kajian di bidang sosial. Cabang ilmu geografi sangatlah banyak sekali, dan kesemuanya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia sehari- hari baik yang kita sadari maupun tidak. Sebagai suatu ilmu yang terstruktur, geografi tentu mempunyai struktur ilmunya sendiri. Berikut merupakan struktur dari ilmu geografi beserta penjelasannya:

1. Fakta geografi
Fakta geografi merupakan kejadian yang nyata dan tentu telah terjadi dan dialami oleh manusia. contoh dari fakta geografi antara lain adalah tsunami di Aceh, gempa bumi di Yogyakarta dan juga tabrakan kereta rel listrik di Depok. Semua itu merupakan kejadian yang telah lampau terjadi.

2. Distribusi ruang
Distribusi ruang merupakan sebutan bagi tempat dimana suatu kejadian terjadi. Sehingga distribusi ruang ini seperti halnya tempat kejadian perkara atau setting dari suatu peristiwa. Pada contoh peristiwa tsunami  di aceh, distribusi ruangnya adalah di Aceh dan sekitarnya, khususnya adalah tepi pantai dan aderah- daerah yang terkena jangkauan dari tsunami.

3. Skala peta
Peta merupakan benda penting dalam ilmu geografi yang notabene mempelajari mengenai Bumi dan seisinya. Skala peta dapat ditemukan dalam setiap lembar peta suatu tempat. Skala peta merupakan bagian peta yang menunjukkan perbandingan antara jarak yang sebenarnya dengan jarak yang tertulis pada peta.

4. Interaksi keruangan
Interaksi keruagan merupakan struktur geografi yang menunjukkan adanya hubungan antara suatu fakta dengan fakta lainnya yang ada dalam suatu ruangan atau suatu wilayah. Dan melalui sebuah hubungan timbal balik, biasanya akan lahir sebuah fakta baru. Sebagai contoh adalah gempa bumi yang berinteraksi dengan gelombang tsunami, akan menimbulkan kesrusakan yang lebih besar.

5. Asosiasi areal
Asosiasi areal merupakan struktur yang menunjukkan hubungan antar tempat yang memungkinkan terbentuknya wilayah formal.

6. Wilayah formal
Wilayah formal merupakan wilayah yang mempunyai kesamaan atau ditandai dengan adanya kesamaan ciri- ciri maupun fenomena. Sebagai contoh wilayah formal adalah wilayah karst di Sulawesi selatan.

7. Wilayah fungsional 
Wilayah fungsional merupakan wilayah- wilayah yang ditandai dengan fungsinya masing- masing. Sebagai contoh adalah wilayah perkotaan dan juga wilayah daerah aliran sungai.


EmoticonEmoticon